Widget HTML #1

Latihan Motivasi Diri


BLOGPERAWAT.NET - Kegiatan latihan ini merupakan kegiatan praktek yang akan dilakukan untuk membangkitkan dan memotivasi diri dengan menggunakan kata-kata motivasi yang tersedia. Dengan latihan motivasi diri yang menggunakan kata-kata motivasi ini tanpa disadari akan dapat memberikan dorongan kepada praktikan yang berani memaknai dan mencobanya dengan serius.

Setelah berlatih secara mandiri/berkelompok kita mampu merealisasikan adanya motivasi dari dalam diri dalam bentuk laporan tentang meningkatnya semangat kerja, atau tentang hal lain sebagai dampak dari motivasi diri yang dapat dilaporkan langsung.

Materi ini akan memfasilitasi kita untuk memahami konsep motivasi dan mengasah kemampuan memotivasi diri. Ada banyak cara dan upaya dalam menggali potensi diri untuk memotivasi diri. Kita dapat mempraktikkan dengan menggunakan permainan kata-kata. Motivasi muncul sebagai dorongan dari dalam diri individu, yang jika dirasakan akan sangat bermakna dan mampu membangkitkan semangat.

Motivasi sangat besar manfaatnya bagi seseorang dalam memenuhi kebutuhan dan aktivitas kerja sehari-hari. Sebagai seorang harus memiliki strategi dalam membangkitkan motivasi, sehingga tidak ada rasa bosan, yang membahayakan bagi pasien. Motivasi sangat dibutuhkan bagi setiap orang, karena berhubungan dengan membangkitkan semangat dalam menjalani hidup untuk menuju sukses.

Akan tetapi motivasi sangat erat kaitannya dengan keseriusan, tujuan, serta ketekunan seseorang dalam meraih keinginan dan tujuan hidupnya.. Telah banyak yang mengungkapkan bahwa betapa pentingnya sebuah kata motivasi yang mampu menginspirasi para penemu kehidupan baru. Kutipan Maslow, teori x serta y dari Douglas Mc.Gregor, ataupun teori semangat modern, semua memberikan makna semangat yaitu alasan yang mendasari sesuatu perbuatan yang dikerjakan oleh seorang individu.

Seseorang dikatakan mempunyai semangat tinggi, dan bisa disimpulkan bahwa orang tersebut mempunyai alasan yang amat kuat untuk meraih apa yang diinginkannya dan akan dikerjakan saat ini. Motivasi mempunyai daya dorong yang kuat dan menjadi seorang mempunyai energi dan potensi yang besar.

Dengan demikian dalam praktikum latihan motivasi ini, kumpulan kata motivasi akan sangat berarti dalam menginspirasi kehidupan bagi yang membacanya. Oleh sebab itu, kali ini akan mengambil kesempatan dengan berbagi kata-kata motivasi (bukan biasa) tapi, merupakan inspirasi kata yang terbaru.

Inilah kata-kata motivasi terbaru yang sangat menginspirasi dan memotivasi kehidupan bagi setiap individu yang membacanya. Mungkin saja seseorang baru saja dan bahkan sudah banyak mendapatkan motivasi dari sahabat di tengah persahabatan, tapi mungkin ini saja tidak cukup. Anda harus membaca kumpulan kata yang sengaja dirangkai untuk menjadi motivasi bagi diri dalam menjalani kehidupan setiap hari.

Kegiatan Praktek Motivasi Diri

A. Persiapan

Sebelum melaksanakan praktikum latihan motivasi diri maka kelompok akan melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Mengkaji bahan dokumen motivasi yang berasal dari bahan-bahan pendukung.
  2. Menyusun daftar bahan/dokumen motivasi diri yang terdapat dalam buku-buku pendukung teori motivasi.
  3. Menyiapkan sarana/fasilitas pelaksanaan praktek latihan motivasi diri.
  4. Menyediakan tempat praktek sesuai kebutuhan dan besarnya jumlah kelompok.
  5. Menyusun tim kelompok terdiri dari beberapa anggota.

B. Pelaksanaan

  1. Bacalah beberapa kata motivasi yang tersedia dalam bacaan
  2. Lakukan indentifikasi menjadi beberapa kelompok kata yang menurut anda akan dapat membangkitkan motivasi seseorang motivasi diri dan motivasi kehidupan.
  3. Berikan komentar anda tentang kelompok kata sudah anda buat berkaitan dengan motivasi apa yang dapat didukung oleh kata-kata yang sudah anda kelompokkan tersebut.
  4. Untuk memudahkan penggalian motivasi, anda boleh mengisi dan berdiskusi bersama teman-temen yang ada.
  5. Tuliskan kesimpulan yang telah anda buat
  6. Analisis dan lakukan pembahasan sesuaikan dengan teori motivasi.
Di bawah ini terdapat beberapa kata-kata motivasi yang dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam kegiatan praktikum latihan motivasi diri

Daftar Kata Motivasi Diri
  • Tidak ada kata terlambat mengawali suatu hal. terkecuali jikalau anda ingin mengakhiri.
  • Kekeliruan yang dulu anda alami bakal bikin mu tumbuh lebih dewasa
  • Berbuatlah tambah baik dari kekeliruan yang dulu kau buat
  • Di dalam jiwa-jiwa yang tenang tersimpan kemampuan yang dahsyat yang dapat menaklukkan isi dunia.
  • Studi tidak cuma dengan ajukan pertanyaan, namun juga dengan lihat serta coba.
  • Kemenangan tidaklah tujuan, namun merupakan hadiah untuk orang-orang yang akan berupaya serta terus mencoba.
  • Manusia yang berdosa yaitu manusia yang tidak dapat melupakan serta memaafkan kesalahannya dimasa lalu.
  • Waktu seseorang sudah jadi terhebat, maka sejatinya dia sedang beralih jadi orang yang terlemah.
  • Orang berhasil yaitu orang yang tidak dulu berhenti coba walau sudah melewati seribu kegagalan.
  • Tidak dulu ada kata gagal untuk manusia-manusia yang terus berupaya. kegagalan cuma ada waktu manusia-manusia telah berhenti untuk coba.
  • Bila kita dulu alami waktu paling baik, maka kita tentu dapat alami waktu terburuk, dikarenakan dari moment-moment tersebut kita dapat mendapatkan makna sesuatu kebijaksanaan.
  • Untuk merubah diri anda, yang pertama anda mesti kerjakan yaitu mengubah yang anda pikirkan perihal diri anda sendiri.
  • Barang siapa yang menyerahkan seluruh urusan pada allah, maka allah yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan.
  • Keindahan sejati cuma dapat anda rasakan waktu anda dapat menikmatinya serta bersyukur.
  • Senyuman dapat senantiasa bikin anda tampak 1000x lebih cantik dari sesungguhnya.
  • Perihal yang kita benci pada diri kita sesungguhnya tidak lebih nyata dari pada perihal yang kita sukai dari diri kita sendiri.

Daftar Kata Motivasi Kehidupan

Di bawah ini adalah kumpulan kata motivasi yang dikutip dari sejarah kehidupan penemuan yang luar biasa dari beberapa tokoh dunia. Anda boleh ikut membacanya sebagai bahan praktek untuk dapat memotivasi diri.

1. "Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan." - Albert Einstein

2. "Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannya." - Walt Disney

3. "Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada indahnya mimpi-mimpi mereka." - Eleanor Roosevelt

3. "Cara terbaik meramalkan masa depan Anda adalah dengan menciptakan masa depan itu sendiri." - Peter F. Drucker

4. "Kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia." - Mahatma Gandhi

5. "Tidak seorang pun akan mengikuti Anda jika Anda tidak tahu kemana harus melangkah." - Jack Trout

6. "Jika Anda ingin berbahagia selama satu jam, silakan tidur siang. Jika Anda ingin berbahagia selama satu hari, pergilah berpiknik. Bila Anda ingin berbahagia seminggu, pergilah berlibur. Bila Anda ingin berbahagia selama sebulan, menikahlah. Bila Anda ingin berbahagia selama setahun, warisilah kekayaan. Jika Anda ingin berbahagia seumur hidup, cintailah pekerjaan Anda." - Promod Brata

7. "Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang telah mengembangkan rasa syukur yang hampir konstan, dalam situasi apapun." - E. Nightingale

8. "Salah satu penemuan terbesar umat manusia adalah bahwa mereka bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya mereka sangka tidak bisa dilakukan." - Henry Ford

9. "Apabila kita takut gagal, itu berarti kita telah membatasi kemampuan kita." - Henry Ford

10. "Biasakanlah untuk berpikir bahwa sukses hanya tinggal selangkah lagi dan pasti akan diraih, niscaya masa depan yang cerah akan ada di depan Anda." - Andrew Carnegie

11. "Kegagalan terbesar adalah apabila kita tidak pernah mencoba." - Robyn Allan

12. "Tidak ada jaminan kesuksesan, namun tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan." - Bill Clinton

13. "Anda takkan tahu apa yang tak dapat Anda lakukan, sampai Anda mencobanya." - Henry James

14. "Kegagalan hanya situasi tak terduga yang menuntut transformasi dalam makna positif. Ingat, Amerika Serikat merupakan hasil dari kegagalan total sebab Columbus sebenarnya ingin mencari jalan ke Asia." - Eugenio Barba

15. "Banyak orang yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan sukses tapi sayangnya, mereka kemudian menyerah." - Thomas A. Edison

16. "Standar terbaik untuk mengukur keberhasilan Anda dalam kehidupan adalah dengan menghitung jumlah orang yang telah Anda buat bahagia." - Robert J. Lumsden

Setelah Anda membaca dan memaknai kata-kata motivasi di atas, serta mungkin telah merasakan dampaknya selanjutnya kaitkanlah dengan kegiatan rutin anda, kemudian apa yang sudah Anda tuangkan dalam latihan motivasi di atas, tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda, maka isilah lembar kerja dalam bentuk pertanyaan di bawah ini:

1. Setelah anda mempraktekkan dan menjiwai tentang motivasi hidup, bersama teman-teman sejawat, maka apakah Anda bisa rumuskan pengertian dari motivasi itu, gunakan bahasa anda sendiri.
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
2. Apakah Anda dan beberapa teman telah mampu menemukan bagaimanakah cara membangkitkan motivasi diri, termasuk motivasi kerja, ceritakanlah dibawah ini:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
3. Setelah anda praktekkan latihan mengasah motivasi diri di atas, apakah Anda bisa merumuskan manfaat kata-kata motivasi yang dipergunakan untuk latihan membangkitkan motivasi, jelaskan keuntungan dan kerugiannya.
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
4. Buatlah kesimpulan atas pribadi Anda, apakah anda sudah termasuk mampu dalam membangkitkan motivasi diri dengan berlatih seperti di atas, bersama teman kerja/pimpinan institusi, ceritakanlah pengalaman yang Anda dapat dari praktek diatas.
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
5. Apakah hambatan-hambatan yang Anda temukan selama anda berpraktek tentang motivasi diri, apakah solusi yang dapat anda pilih untuk mengatasi hambatan yang terjadi.
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................