Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peranan Bakteri Menguntungkan dan Merugikan Dalam Kehidupan


Peranan bakteri dalam kehidupan kita, ada yang menguntungkan dan merugikan. Penjelasan selengkapnya ad di bawah ini.

Bakteri Menguntungkan

1. Bakteri Pengurai

Bakteri saprofit menguraikan tumbuhan atau hewan yang mati, serta sisa-sisa atau kotoran organisme. Bakteri tersebut menguraikan protein, karbohidrat dan senyawa organik lain menjadi CO2, gas amoniak, dan senyawa-senyawa lain yang lebih sederhana. Oleh karena itu keberadaan bakteri ini sangat berperan dalam mineralisasi di alam. Dengan cara ini bakteri membersihkan dunia dari sampah-sampah organik.

Bakteri Entamoeba coli hidup di kolon (usus besar) manusia, berfungsi membantu membusukkan sisa pencernaan juga menghasilkan vitamin B12, dan vitamin K yang penting dalam proses pembekuan darah. Dalam organ pencernaan berbagai hewan ternak dan kuda, bakteri anaerobik membantu mencernakan selusosa rumput menjadi zat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh dinding usus.

2. Bakteri Penghasil Antibiotik

Antibiotik merupakan zat yang dihasilkan oleh mikroorganisme dan mempunyai daya hambat terhadap kegiatan mikroorganisme lain.

Beberapa bakteri yang menghasilkan antibiotik adalah:
  • Bacillus brevis, menghasilkan terotrisin
  • Bacillus subtilis, menghasilkan basitrasin
  • Bacillus polymyxa, menghasilkan polimixin.

Bakteri Merugikan

1. Bakteri perusak makanan

Beberapa spesies pengurai tumbuh di dalam makanan. Mereka mengubah makanan dan mengeluarkan hasil metabolisme yang berupa toksin (racun). Racun tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia. Contoh: Clostridium botulinum, menghasilkan racun botulinin, seringkali terdapat pada makanan kalengan. Pseudomonas cocovenenans, menghasilkan asam bongkrek, terdapat pada tempe bongkrek. Leuconostoc mesenteroides, penyebab pelendiran makanan.

2. Bakteri patogen

Merupakan kelompok bakteri parasit yang menimbulkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Kokus Gram-positif: Streptococcus pyogenes penyebab nyeri tenggorokan dan demam reumatik, Streptococcus agalactiae penyebab meningitis pada neunatus dan penumonia. Kokus Gram negatif: Neisseriae meningitidis penyebab meningitis dan septikemia, N. Gonorrhoeae merupakan agen penyebab uretritis. Bacilus Gram positif: Bacillus anthracis penyebab penyakit anthraks, dan clostridia penyebab gangrene, tetanus, kolitis pseudomembranosa dan botulismus.